SELAMAT DATANG dan KAMI SAMPAIKAN TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA.....SEMOGA BERMANFAAT...

April 10, 2011

IKLIM DI INDONESIA


Iklim di Indonesia terdiri atas iklim musim (muson), iklim tropika (iklim panas), dan iklim laut.

A. Iklim Musim (Iklim Muson)
Iklim ini terjadi karena pengaruh angina musim yang bertiup berganti arah tiap-tiap setengah tahun sekali. Angin musim di Indonesia terdiri atas Angin Musim Barat Daya dan Angin Musim Timur Laut.

1. Angin Musim Barat Daya
Angin Musim Barat Daya bertiup antara bulan Oktober sampai April, sifatnya basah. Pada bulan-bulan tersebut, Indonesia mengalami musim penghujan.

2. Angin Musim Timur Laut
Angin Musim Timur Laut yang bertiup antara bulan April samap Oktober, sifatnya kering. Akibatnya, pada bulan-bulan tersebut, Indonesia mengalami musim kemarau.

B. Iklim Tropika (Iklim Panas)
Indonesia terletak di sekitar garis katulistiwa. Akibatnya, Indonesia termasuk daerah tropika (panas). Keadaan cuaca di Indonesia rata-rata panas mengakibatkan negara Indonesia beriklim tropika (panas). Iklim ini berakibat banyak hujan yang disebut Hujan Naik Tropika.

C. Iklim Laut
Negara Indonesia adalah negara kepulauan. Sebagian besar tanah daratan Indonesia dikelilingi oleh laut atau samudera. Itulah sebabnya, di Indonesia terdapat iklim laut. Sifat iklim ini lembap dan banyak mendatangkan hujan.

Tidak ada komentar:

Niat Zakat Fitrah

N iat adalah i'tikad tanpa ragu untuk melaksanakan sebuah perbuatan. Meski niat adalah urusan hati, melafalkannya (talaffudh) dianjurkan...