Selamat Datang dan Kami Ucapkan Terima Kasih atas Kunjungan Anda di Blog Pendidikan (www.bang-eb.blogspot.com). Semoga Dapat Bermanfaat

Desember 22, 2010

CATATAN DI HARI IBU


Manusia dilahirkan ke dalam dunia yang fana ini dengan dianugerahi berbagai keistimewaan. Ada yang diberi keistimewaan pada salah satu panca indranya, seperti kelebihan pada indra lihatnya, atau indra dengar atau indra rasa. Ada pula yang dianugerahi keistimewaan pada akalnya dan ada pula yang diberi keistimewaan pada kekuatan fisiknya. Semua keistimewaan itu merupakan anugerah dari Allah yang harus kita syukuri, antara lain dengan menggunakannya dalam hal-hal yang diridloi oleh Allah swt.

Keistimewaan manusia yang paling utama terletak pada sejauh mana ia dapat menggunakan nikmat Allah itu untuk memberikan manfaat kepada orang lain. Nabi Muhammad saw bersabda yang artinya :

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk orang lain”

Ibu adalah sosok manusia yang paling bermanfaat untuk orang lain, jasa ibu yang paling menonjol dipaparkan dalam Al-quran surat lukman ayat 14, Allah berfirman yang artinya:
“Dan kami perintahkan kepada manusia berbuat baik kepada ibu bapaknya, ibunya telah mengandungnya dengan sangat susah payah dan menyapihnya dari susuan dalam dua tahun”.
Menurut ayat di atas ada dua macam jasa ibu yang paling dominan, yaitu :
1. Mengandung sampai melahirkannya
2. Menyusui sampai menyapihnya.

Betapa susahnya seorang ibu ketika mengandung anaknya, kebebasannya terkekang, tidurnya tidak nyaman, makan dan minumnya terasa serba tidak enak, lebih-lebih ketika seorang ibu berjuang melahirkan anaknya, nyawalah yang jadi taruhannya demi keselamatan anak yang akan di lahirkannya. Ditambah lagi beliaulah yang pertama kali merawat bayinya, menyusuinya sampai jangka waktu tertentu, sampai sang anak mampu makan dan minum sendiri. Betapa besar dan banyak jasa orang tua kepada manusia khususnya ibu. Oleh karena itulah Allah swt mewajibkan kepada segenap manusia supaya berbuat baik kepada kedua orang tuanya terutama kaum ibu.

Diantara bentuk-bentuk perbuatan baik terhadap ibu bapak dijelaskan di dalam Al-quran surat al-Isro ayat 23 dan 24 yaitu :
1. Tidak mengucapkan kata-kata yang akan menyakiti hatinya, seperti ucapan “ah”.
2. Tidak membentaknya.
3. Menyampaikan ucapan-ucapan yang mulia (enak didengar dan enak pula di hati)
4. Merendahkan diri dihadapannya.
5. Mendo’akannya.

Mari kita menghormati dan menghargai jasa ibu yang luar biasa itu dengan memelihara kesejahteraan lahir dan batinnya. Patuhilah perintahnya, penuhilah permintaan dan harapannya, bersikap sopanlah dihadapnnya, jagalah kehormatannya, dan jangan lupa kita do’akan setiap selesai sholat lima waktu agar hidup bahagia di dunia dan akhiratnya.



“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua ibu bapakku, sayangilah mereka seperti halnya mereka telah membesarkan aku dengan penuh kasih sayang”. Amin ya rabbal alamin.

Semoga Allah swt senantiasa melimpahkan rahmat, taufiq, dan hidayahNya kepada kita, sehingga mampu melaksanakan kewajiban sebagai anak terhadap ayah dan ibu, amin.

Related Posts by Categories