Selamat Datang dan Kami Ucapkan Terima Kasih atas Kunjungan Anda di Blog Pendidikan (www.bang-eb.blogspot.com). Semoga Dapat Bermanfaat

April 06, 2016

BAGAIMANA TERJADINYA PROSES PENCERNAAN MAKANAN

Anda sudah tahu bahwa Anda makan untuk hidup. Apa yang Anda makan haruslah makanan yang bergizi. Bagaimana prosesnya sehingga sari makanan dapat diserap oleh tubuh.

Makanan di Dalam Mulut

Mulut melunakkan makanan yang sudah di kunyah dengan gigi. Sambil mengunyah, air liur keluar sehingga makanan menjadi lunak. Bibir dan lidah mengatur letak makanan sehingga dapat dikunyah oleh gigi dan makanan tidak keluar dari mulut karena dijaga oleh bibir. Jadi, pencernaan dimulai dari mulut.

Air ludah membantu makanan yang sudah dikunyah menjadi gumpalan-gumpalan basah sehingga mudah ditelan.

Air ludah mengandung ptialin (semacam zat), yaitu enzim di dalam mulut yang dapat mengubah zat tepung menjadi gula. Karena itu, tidak heran kalau Anda makan nasi tanpa lauk, setelah dikunyah terasa manis.

Gumpalan-gumpalan makanan yang basah dengan bantuan lidah didorong ke bagian belakang mulut dan melalui kerongkongan masuk ke dalam lambung. Di dalam lambung makanan disimpan untuk beberapa waktu. Lambung merupakan sebuah kantong yang dapat menampung makanan dan cairan.

Makanan di Dalam Usus Dua Belas Jari

Usus dua belas jari menerima bubur makanan yang mengandung asam dari lambung. Di dalam usus dua belas jari bubur makanan yang asam dibuat tidak asam lagi oleh sejenis zat yang disebut sekretin alkali.

Cairan empedu dipancarkan melalui usus dua belas jari. Cairan empedu ini membuat lemak yang ada dalam usus dua belas jari hancur sehingga dapat diserap oleh tubuh.

Usus dua belas jari melingkari sebuah kelenjar besar. Kelenjar besar ini ialah kelenjar pankreas yang mengeluarkan getah pankreas. Getah pankreas berfungsi untuk lebih menghancurkan bubur makanan yang ada di dalam usus dua belas jari. Dari usus dua belas jari pencernaan bubur makanan diproses lanjut ke usus kecil.

Makanan di Dalam Usus Kecil

Disebut usus kecil karena usus ini sempit, sedangkan panjangnya dapat mencapai empat sampai tujuh meter. Di dalam usus kecil pencernaan makanan selesai. Sisa-sisa makanan yang tidak tercerna dengan sempurna masuk ke dalam usus besar. Usus besar merupakan pipa yang lebar. Pertemuan antara usus kecil dan usus besar adalah usus buntu. Karena air dan garam diserap lagi oleh usus besar, sisa bahan makanan menjadi semakin padat. Karena air dan garam diserap lagi oleh usus besar, sisa bahan makanan menjadi semakin padat. Karena itu, apabila Anda tidak membuang kotoran dalam dua hari atau lebih makan kotoran Anda akan menjadi keras dan sukar keluar. Bagian terakhir dari usus besar ialah poros-poros usus.

Makanan di Dalam Poros Usus

Poros usus sangat peka. Apabila ada sisa makanan (kotoran) di bagian tersebut, ini akan memberitahukan kepada Anda untuk mengeluarkan kotoran.


  • Makanan apapun yang Anda makan hendaklah disertai rasa syukur kepada Allah SWT.
  • Perasaan senang dan gembira akan membantu proses pencernaan makanan bekerja dengan baik.
  • Tubuh Anda menjadi sehat dan hidup Anda berbahagia.

Related Posts by Categories